Strategi Guru Akidah Ahlak dalam Menciptakan Pembelajaran Berbasis PAIKEM (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Menyenangkan) di MTs Nurut Tauhid

  • Samsul Huda Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Randuagung Lumajang, Indonesia

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi Guru Akidah Ahlak dalam Menciptakan Pembelajaran berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan) di MTs. Nurut Tauhid. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang tujannya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Guru Akidah Ahlak dalam Menciptakan Pembelajaran berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan) di MTs. Nurut Tauhid dengan menggunakan beberapa cara pertama terlebih dahulu guru menyapa siswa dengan ramah. Kedua, memilih kajian materi sesuai dengan standar kompetensi (KI-KD), Ketiga guru memanfaatkan jumlah siswa yang bisa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi, Keempat guru melakukan penilaian baik secara individu maupun kelompok, guru menyuruh siswa untuk mempraktikan materi yang dipelajari seperti bagaimana sikap menghormati orang tua, guru dan teman. Kelima guru memperhatikan psikologi siswa. Keenam, me-riview materi sebelumnya. Ketujuh, Guru melakukan kuis pertanyaan dengan reward berupa nilai tambahan. Kedelapan, pemanfaatan media seperti media audio visual. Kesembilan, Guru melakukan evaluasi.

Published
Sep 15, 2022
How to Cite
HUDA, Samsul. Strategi Guru Akidah Ahlak dalam Menciptakan Pembelajaran Berbasis PAIKEM (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Menyenangkan) di MTs Nurut Tauhid. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 146-161, sep. 2022. ISSN 2685-6247. Available at: <http://jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/57>. Date accessed: 27 nov. 2022.
Section
Articles