Pemanfaatan Aplikasi Scratch pada Materi Operasi Bilangan Bulat dalam Menganalisis Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Lumajang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memanfaatkan aplikasi scratch dalam menganalisis minat dan prestasi belajar siswa kelas VIIF di MTs Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2022-2023 khususnya pada pokok bahasan Operasi Bilangan Bulat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 27 siswa kelas VIIF MTs Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2022-2023. Instrumen yang digunakan adalah pemberian angket skala minat belajar siswa, dan uji tes. Scratch adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk permainan, kuis, animasi dan menu-menu lainnya. Berdasarkan hasil pengumpulan data berupa data angket skala minat belajar siswa memiliki persentase 78,89 dan hasil uji tes pemahaman siswa memperoleh persentase 82,29. Berdasarkan pengumpulan data angket skala minat belajar siswa menggunakan media scratch menunjukkan bahwa indikator perasaan senang sebesar 77,55%, sementara indikator ketertarika siswan yakni sebesar 85,37%, indikator keterlibatan siswa sebesar 75,93%, indikator tekun dan disiplin dalam belajar mendapat 79,63% dan indikator rajin dalam belajar dan mengerjakan tugas menjadi indikator yang mendapatkan persentase paling rendah yakni sebesar 72,84%. Seluruh hasil pengumpulan data dalam penelitian ini diolah menggunakan Microsoft Excel dengan mencari rata-rata setiap indikator minat belajar dan hasil uji tes pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa minat belajar siswa MTs Negeri 1 Lumajang pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media scratch termasuk ke dalam kategori kuat dan hasil uji tes pemahaman siswa memperoleh hasil di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70.00.