Peningkatan Hasil Belajar PABP Materi Pokok Perilaku Terpuji melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas III Semester II SD Negeri Simorejo Kanor Bojonegoro

  • Endang Lissriyati Sekolah Dasar Negeri Simorejo Bojonegoro, Indonesia

Abstract

Penelitian melalui penerapan metode discovery learning merupakan sebuah usaha dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran berkualitas merupakan proses belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, sehingga tercipta suasana yang menyenangkan dalam suatu proses belajar mengajar. Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar PABP dan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar bab 7 pokok bahasan perilaku terpuji melalui penerapan metode discovery learning pada siswa kelas III Semester II SD Negeri Simorejo Kanor Bojonegoro. Penelitian menggunakan model desain Kemmis berdasarkan siklus-siklus, terdiri dari empat tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil riset yang diperoleh dari penelitian berdasarkan data observasi perbaikan diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa pada pra siklus 56,38, siklus I 62,83 pada siklus II meningkat menjadi 77,59. Dari perbaikan pembelajaran dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar PABP pokok bahasan perilaku terpuji pada siswa kelas III Semester II SD Negeri Simorejo Kanor Bojonegoro.

Published
Sep 15, 2022
How to Cite
LISSRIYATI, Endang. Peningkatan Hasil Belajar PABP Materi Pokok Perilaku Terpuji melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas III Semester II SD Negeri Simorejo Kanor Bojonegoro. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 115-130, sep. 2022. ISSN 2685-6247. Available at: <http://jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/55>. Date accessed: 27 nov. 2022.
Section
Articles