Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Pokok Sistem Pernafasan Manusia melalui Metode Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Simorejo Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Siti Khoiriyah Sekolah Dasar Negeri Simorejo Bojonegoro, Indonesia

Abstract

Penerapan Metode Picture and Picture merupakan sebuah usaha dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Maksudnya adalah menciptakan proses belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, sehingga tercipta suasana yang menyenangkan, guru dituntut untuk merencanakan suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisen dengan menggunakan Metode Picture and Picture. Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Picture and Picture dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok sistem pernafasan manusia pada siswa kelas V dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi pokok sistem pernafasan manusia melalui penerapan metode Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri Simorejo Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model desain Kemmis berdasarkan siklus-siklus, terdiri dari empat tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan data observasi perbaikan diperoleh Penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pokok bahasan sistem pernafasan manusia pada siswa kelas V SD Negeri Simorejo Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini terbukti pada pencapaian hasil belajar yakni pada pra siklus sebesar 57,00, pada siklus ke-1 sebesar 60, Sedangkan pada siklus ke-2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 87, maka terjadi peningkatan sebesar 26%.

Published
Sep 15, 2022
How to Cite
KHOIRIYAH, Siti. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Pokok Sistem Pernafasan Manusia melalui Metode Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Simorejo Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 91-99, sep. 2022. ISSN 2685-6247. Available at: <http://jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/53>. Date accessed: 27 nov. 2022.
Section
Articles