Hidrogen Peroksida (H2O2) dalam Pemutih Pakaian Merk Vanish Cair sebagai Alternatif Substrat Uji Enzim Katalase bagi Siswa Kelas XII IPA MAN 1 Tuban Tahun Ajaran 2019/2020

  • Chotimahwati Chotimahwati Madrasah Aliyah Negeri 1 Tuban, Indonesia

Abstract

Pembelajaran IPA tidak akan terpisahkan dari kegiatan praktikum. Woolnough dan Allsop (dalam Rustaman, 2003) mengemukakan empat alasan pentingnya kegiatan praktikum IPA yaitu dapat membangkitkan motivasi belajar IPA, mengembangkan keterampilan dasar melakukan eksperimen, menjadi wahana belajar pendekatan ilmiah, dan menunjang materi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan karena pengalaman penulis sebagai pengajar sering mengalami kegagalan pada saat melakukan praktikum uji Enzim katalase. Kegagalan ini disebabkan oleh substrat yang digunakan yaitu Hidrogen Peroksida (H2O2). Jika yang digunakan adalah Hidrogen Peroksida (H2O2) baru, praktikum akan berhasil. Tetapi jika menggunakan Hidrogen Peroksida (H2O2) yang sudah dibuka satu minggu yang lalu atau bahkan satu tahun yang lalu, praktikum tidak memberikan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu penulis mencari alternatif substrat Hidrogen Peroksida (H2O2) dan itu ditemukan di pemutih pakaian merk Vanish yang mengandung Hidrogen Peroksida (H2O2) 5%. Tahap pengembangan Dick & Carey diadaptasi ke dalam penelitian pengembangan ini menjadi 4 tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, desain produk, tahap validasi dan evaluasi, tahap produk akhir. Hasil Uji Kesesuaian Kurikulum dengan hasil Penelitian dan pengembangan Ahli/pakar menilai kelayakan petunjuk praktikum/1ditinjau dari empat komponen kelayakan yaitu aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, pendukung materi pembelajaran dan kemutakhiran materi.menunjukkan bahwa hasil penelitian dan pengembangan Hidrogen Peroksida (H2O2) yang dikemas dalam merk Vanish cair sebagai alternatif substrat Uji Enzim Katalase Bagi Siswa Kelas XII IPA MAN 1 Tuban Tahun Ajaran 2019/2020 adalah 91,67 yang artinya dalam kategori baik. Dari uji kepraktisan diketahui Hidrogen perosida dalam kemasan harganya mahal, sulit didapatkan, pemakaiannya mudah tetapi penyimpanannya sulit, sedangkan hidrogen peroksida dalam kemasan merk Vanish harganya murah, mudah didapatkan, pemakaiannya mudah dan penyimpanannya mudah. Hal ini dapat dijelaskan, harga Hidrogen perosida 10% dalam kemasan botol di toko bahan kimia adalah Rp 100.000 sampai Rp 125.000 per liter sedangkan harga Hidrogen peroksida dalam kemasan/1Merk Vanish per liter adalah Rp 50.000 sampai Rp 60.000. Dari uji keefektifan diketahui pada suasana netral, basa dan kondisi dingin Vanish lebih efektif dari pada H2O2./1Untuk suasana asam dan panas penggunaan Vanish sama dengan H2O2. Hal ini disebabkan pada suasana asam dan panas enzim katalase pada hati ayam sudah rusak sehingga tidak ada reaksi yang terjadi antara substrat dan enzim. Dari uji kelayakan Vanish sebagai altenatif substrat Uji Enzim Katalase menghasilkan prosentase sebesar 97,25 dengan kategori layak. Kesimpulan penelitian dan pengembangan Hidrogen peroksida (H2O2) merk Vanish cair sebagai alternatif substrat dalam praktikum Uji Enzim Katalase praktis, efektif/1dan layak bagi siswa kelas XII IPA MAN 1 Tuban tahun ajaran 2019/2020.

Published
Mar 15, 2022
How to Cite
CHOTIMAHWATI, Chotimahwati. Hidrogen Peroksida (H2O2) dalam Pemutih Pakaian Merk Vanish Cair sebagai Alternatif Substrat Uji Enzim Katalase bagi Siswa Kelas XII IPA MAN 1 Tuban Tahun Ajaran 2019/2020. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17-35, mar. 2022. ISSN 2685-6247. Available at: <http://jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/48>. Date accessed: 27 nov. 2022.
Section
Articles